ferguen
Sedang memuat...

BAB I: Objek Ilmu Pengetahuan Alam dan Pengamatannya


Kompetensi dasar:
  1. Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran.
  2. Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda disekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.
Pada BAB I ini, kita akan mempelajari tentang objek IPA dan Pengamatannya. Objek IPA adalah benda-benda yang ada disekitar kita termasuk diri sendiri ataupun teman untuk dilihat ciri-cirinya seperti tinggi badan, warna rambut, dan warna kulit.

Materi yang akan disajikan pada BAB ini adalah pengukuran, besaran pokok dan turunan, dan satuan baku dan tak baku. Sehingga pada akhirnya siswa mampu menyajikan data-data hasil pengamatan dalam satuan baku.

Setelah penjelasan materi diatas, siswa akan mulai untuk praktek dalam bentuk kegiatan pembelajaran diantaranya:
  1.  Mengamati diri sendiri dan teman, serta benda-benda yang ada di sekitar untuk melihat ciri-ciri yang dapat diamati seperti tinggi badan, warna rambut, warna kulit.
  2. Mengukur panjang benda dengan hasil bersatuan baku dan tak baku,untuk menemukan pentingnya satuan baku dalam pengukuran.
  3. Mengumpulkan informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya panjang benda, massa jenis, energi, frekuensi denyut nadi, konsentrasi larutan, laju pertumbuhan tanaman, dan lain-lain.
  4. Melakukan percobaan mengukur besaran panjang, massa, dan waktu menggunakan alat ukur baku dan tak baku untuk mendapatkan konsep satuan baku dan tak baku.
  5. Menyajikan hasil percobaan tentang pengukuran dengan alat ukur dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
Setelah kita mengetahui peta materi pada BAB 1, pada tulisn lain kita akan membahas materi secara lebih dalam. Selamat belajar !

sumber: Silabus Kelas VII Kurikulum 2013 Tahun 2016 Kemendikbud.


Z 7816212045015878092

Beranda item

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *